Join Our Facebook


Facebook Admin LITING FAMILY


Group Facebook LITING FAMILY
Statistik Pengunjung

- Selamat datang di website Ikatan Sanak Keluarga Liting -

PostHeaderIcon Gubah

Gubah Tanjung Raja Masih Butuh Sentuhan…

Gubah Tanjung Raja merupakan tempat dimakamkannya H Abdul Chalik (Liting). Gubah ini adalah salah satu saksi sejarah Kabupaten Ogan Ilir, khususnya masa keemasan Pemerintahan Marga Pegagan Ilir Suku II.

Ketika berziarah ke makam kakeknya, H Achyat, H Eddy Santana Putra prihatin melihat kondisi gubah saat itu. Spontan ia memberikan sumbangan dari dana pribadinya untuk pemugaran. Ditambah dengan sumbangan beberapa keluarga lain, akhirnya renovasi tahap I terwujud.

Sayangnya pemugaran bukti sejarah itu belum rampung, juga masih kurang terawat. Jalan menuju gubah masih tidak layak dilewati kendaraan roda empat karena terlalu sempit. Apalagi di musim penghujan jalan tersebut sangat becek dan berlobang di sana sini. Tambahan pula, pemukiman di sekitar gubah—yang rencananya sebagian akan dibebaskan untuk lahan parkir--- masih sangat padat dan semrawut.

Satu hal yang sangat memprihatinkan, papan nama gubah telah roboh dan dibiarkan begitu saja tergeletak di dalam kompleks makam. Penduduk sekitar tanpa rasa bersalah menjadikan pagar gubah sebagai tempat menjemur pakaian.

Para peziarah yang kurang tahu persis lokasi gubah juga menemui kesulitan untuk tiba di kompleks pemakaman. Karena jalan masuk ke Gubah tidak ada penunjuk arah (penanda)nya.

Yayasan Liting telah merencanakan untuk membangun gerbang di jalan menuju gubah, sekaligus membangun lahan parkir lengkap dengan pendoponya. Namun hingga sekarang rencana tersebut belum terealisasi. Sebelumnya tentu harus ada pembebasan tanah warga sekitar agar pembangunan dapat terlaksana dengan baik.

Satu-satunya kendala dalam hal ini adalah minimnya dana yang masuk ke kas yayasan, oleh karena itu Yayasan Liting membuka pintu seluas-luasnya bagi anggota keluarga maupun simpatisan untuk berpartisipasi dalam pemugaran tempat peristirahatan leluhur kita ini.

 

 

 
Jam
Kalender
June 2017
MTWTFSS
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930 
Tinggalkan Pesan
ShoutMix chat widget
Hit Counter