Join Our Facebook


Facebook Admin LITING FAMILY


Group Facebook LITING FAMILY
Statistik Pengunjung

- Selamat datang di website Ikatan Sanak Keluarga Liting -

PostHeaderIcon Profil

PostHeaderIcon Profil Pengurus Jend Purn H Ryamizard Ryacudu

 

Jendral Purn. H Ryamizard Ryacudu

(Pelindung Yayasan Liting)

Mantan Kepala Staf AD dan juga mantan Pangkostrad yang sempat dicalonkan Presiden Megawati menjadi Panglima TNI ini adalah seorang prajurit sejati yang memiliki kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual. Selain sangat irit bicara soal politik, ia juga dikenal taat menjalankan ibadah agama.

Sejak masa muda putra pejuang kemerdekaan Ryacudu dan Hj Zuharya--- yang merupakan buyut Pangeran Nuh dan piyut Pangeran Liting ini bercita-cita dan bertekad menjadi prajurit yang baik, profesional dan bertakwa, oleh karenanya bukan suatu hal yang berlebihan jika di setiap pidato politiknya Megawati Soekarno Putri menyebut Ryamizard sebagai “Yang seharusnya jadi Panglima”.

Ryamizard Ryacudu lahir dan dibesarkan dalam keluarga tentara. Ayahnya yang bernama Ryacudu (almarhum), adalah seorang brigadir jenderal TNI purnawirawan yang ketika berdinas aktif dikenal sebagai seorang pengagum dan kepercayaan Presiden Soekarno.

Keluarga ini juga dikenal sangat menekankan pentingnya pendidikan agama. Maka ketika kecil, Ryamizard dijuluki “Si Hadist” karena kepandaiannya menghafal sejumlah hadis Rasulullah. Panggilannya meningkat lagi menjadi  “Pak Kiai” saat ia taruna militer.
Ia memang taat menjalankan ibadah agama, salat lima waktu dan puasa sunnah Senin-Kamis. Ketika menjabat Pangdam V Brawijaya pun, dengan pangkat jenderal bintang dua, dia sering mengikuti berbagai macam kajian keagamaan termasuk tasawuf dan tarekat dengan berpegang pada Al-Qur’an dan hadist Rasul.

Menantu mantan wakil presiden Tri Soetrisno yang pernah menjabat Danrem 004 Garuda Dempo ini selalu berusaha untuk dekat dengan daerahnya dan lebih mengenal mengenal sanak keluarganya. Itu terbukti dengan bangunan rumah Limas yang dijadikannya rumah untuk singgah di desa kakeknya, Tanjung Sejaro.

Usaha pria kelahiran Palembang, 21 April 1950 ini untuk mengenal dekat keluarganya makin terwujud setelah menyambung silaturrahim keluarga dari sebelah ibundanya, Hj Zuharya yang akrab disapa Cik Non--- beliau wafat pada 6 pebuari lalu---. Inilah cikal-bakal garis yang selanjutnya ditarik hingga berujung pada cucu Poyang Wadin, Pangeran Liting.

Dan setelah Yayasan Liting dialihkan kedudukannya ke Palembang, berdasarkan musyawarah Yayasan dan keluarga, di tengah jadwalnya yang sangat padat, sang Jendral dijadikan Pelindung pada Yayasan Liting.

Prajurit Profesional Sejati Mantan Pangdam Jaya ini memperistri Nora Trystiana putri Jenderal TNI Try Sutrisno yang mantan Wakil Presiden RI. Dikaruniai tiga orang anak, Ryano Patriot, Dwinanda Patriot , dan Tryananda Patriot.

Biodata

Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu

Lahir : Palembang, 21 April 1950

Agama : Islam

Jabatan Terakhir : Kepala Staf Angkatan Darat


Istri : Nora Trystiana

Anak : Ryano Patriot, Dwinanda Patriot dan Tryananda Patriot


Ayah : Mayjend (Purn) Ryacudu (Alm)

Ibu : Hj Zuharya (Cik Non) (Alm)


Pendidikan :
- STM Jurusan Mesin
- Akabri Darat, lulus 1974
- Suslapa (1985-1986)
- Seskoad, 1991

Karier Militer :
- Komandan Peleton di Kodam XII Tanjungpura

- Komandan Kompi di Kodam XII Tanjungpura

- Komandan batalion di Kodam XII Tanjungpura

- Komandan Brigade Infanteri 17 Kostrad

- Aspos Kasdam VII/Wirabuana

- Danrem 004 Garuda Dempo Palembang

- Kepala Staf Divif 2/Kostrad

- Kasdam II/Sriwijaya

- Pangdif 2/Kostrad

- Kepala Staf Kostrad

- Panglima Kodam V/Brawijaya (1999)

- Pangdam Jaya (1999-2000)

- Pangkostrad (Agustus 2000 - 2002)

- KSAD 2002 – 2005

Garis Silsilah

PANGERAN LITING X NINGTJIK

Hafsah X M Nuh

Aminah X R Hasanasaari

RA Zuharya X RM Ryacuddu

Ryamizard Ryacudu

 

Last Updated (Monday, 28 June 2010 03:32)

 
Jam
Kalender
December 2017
MTWTFSS
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Tinggalkan Pesan
ShoutMix chat widget
Hit Counter